SINOPSIS NOVEL MISTERI BUATAN KARYA ENID BLYTON



MISTERI BUATAN
 
 

Pengarang                  : Enid Blyton
Tebal Halaman           : 167 halaman
Penerbit                      : PT Gramedia
Tahun Terbit               : 1987
Jenis                           : Misteri
Cetakan                      : kedua
Sinopsis                      :
Nicky dan Kenneth merupakan sahabat sejak kecil yang selalu bermain-main bersama kemanapun dan kapanpun. Sebenarnya mereka tidak benar-benar dua sahabat, masih ada satu yang lainnya yaitu  Chippy, anjing kesayangan Nicky. Rumah mereka bersebelahan, jadi tidak sulit untuk mereka bertemu. Bahkan mereka punya markas di gudang samping rumah Kenneth. Mereka sering membahas hal-hal berbau misteri, memecahkan persoalan-persoalan aneh, dan bahkan kadang-kadang menyusun rencana untuk mengerjai adik Ken yang sok ingin tau, Penelope.
Suatu hari Paman Nicky-Paman Bob-yang merupakan seorang penyelidik partikelir atau yang biasa disebut detektif datang berlibur ke rumah keluarga Nicky. Nicky dan Ken sangat senang, mereka bisa banyak belajar menjadi detektif dari pamannya. Namun Nicky melihat pamannya tersebut seperti tampak bosan, lelah, dan putus asa karena kelelehan dan dokter melarangnya untuk melakukan aktifitas detektifnya selama beberapa minggu.
Nicky pun berfikir, mungkin jika ia bisa mengarang cerita misteri untuk menyibukkan pamannya-mungkin pamannya akan kembali ceria. Bersama Kenneth akhirnya mereka merencenakan sebuah cerita misteri.
Cerita misteri tersebut di mulai dari ditemukannya secarik kertas kumal di semak-semak di puncak Bukit Skylark dekat rumah tua yang runtuh karena insiden kebakaran. Di dalam kertas kumal tersebut terdapat pesan yang kelihatannya sangat misterius. Isinya begini,
“QFTBO CVBU KJN. LBNJ TJBQ. UFNVJ EJ HVEBOH. CBXBI UBOBI. BEB ZBOH UFSTFNCVOZJ EJ CVLJU. TLZMBSL. UVOHHV JTZBSBU EBSJ NFOBSB. IBSSZ.”
Setelah beberapa menit akhirnya Paman Bob berhasil memecahkan sandi tersebut, dan apabila dibaca menjadi,,,
“Pesan buat Jim. Kami siap. Temui di gudang bawah tanah. Ada yang tersembunyi di bukit Skylark. Tunngu isyarat dari menara. Harry.”
Karena pesan tersebut Paman Bob, Nicky, Ken dan Chippy mencoba untuk menelusuri ke puing-puing rumah tua dekat Bukit Skylark. Rumah tua tersebut tampak suram dengan sebagian besar pondasi temboknya menghitam dan hancur. Di rumah tua tersebut terdapat menara tua yang tangga menuju puncaknya masih berfungsi, walau tangganya agak licin dan ada satu dua yang sudah lapuk. Mereka akhirnya mencoba menaikinya. Tak disangka pemandangan dari menara begitu indah dan menakjubkan.
Chippy ternyata sedari tadi tidak ada, Nicky pun kaget dan langsung turun untuk mencarinya. Ia mencari Chippy hingga ke lorong lorong bawah tanah yang sempit, pengap, dan bercabang-cabang. Nicky memanggil Chippy berulang kali, namun tak ada jawaban. Berulang kali ia telah memanggil Chippy, akhirnya Nicky mendangar Chippy menyalak. Salakan Chippy terdengar jauh dan menggema-gema. Chippy akhirnya berlari dari kegelapan dan langsung menghatamkan tubuhnya ke Nicky.
Setelah itu mereka memutuskan untuk pulang. Ketika perjalanan pulang mereka bertemu Penelope dan Winnie, sepupu Ken. Paman Bob menceritakan pengalamannya menemukan misteri di Bukit Skylark. Namun anak perempuan tersebut malah mengejek Nicky dan Ken, bahwa yang membuat misteri tersebut adalah mereka. Nicky pun langsung marah kepada Paman Bob karena membeberkan rahasia mereka. Ke esokan Penelope dan Winnie akhirnya menemukan bukti bahwa Nicky dan Ken lah yang telah membuat pesan misterius di Bukit Skylark.
Suatu malam Penelope terbangun dari tidurnya karena suara burung hantu di balik jendela kamarnya. Penelope pun melompat turun, hendak mengusir burung hantu itu. Begitu Penny-panggilannya Penelope-membuat burung hantu tadi kaget dari jendela, burung itu pun terbang menghilang di kegelapan malam. Kamar Penny menghadap ke Bukit Skylark, dan ketika itu ia melihat cahaya berkelip-kelip dari menara rumah tua.


Penny dan Winnie curiga bahwa itu perbuatan Ken dan Nicky, namun sudah terlaru larut untuk keluar jam segini. Untuk membuktikannya mereka melihat di kamar Ken, ada orang atau tidak. Ternyata Ken ada di kamarnya sedang tertidur. Mereka pun membangunkan Ken dan menceritakan apa yang mereka lihat. Ken pun terheran-heran ketika melihat cahaya kelap-kelip dari menara rumah tua. Ken pun berfikir mungkin itu adalah Nicky. Ken akhirnya menyelundup keluar rumah dan memanjat pohon di samping kamar Nicky. Ia melempari jendela kamar Nicky dengan kerikil, dan ternyata Nicky keluar dari jendela. Ken pun menceritakan apa yang ia dan anak perempuan lihat dari menara. Nicky dan Ken menuju ke kamar Paman Bob untu melihat cahaya tersebut-kamar Paman Bob menghadap ke bukit Skylark-Nicky pun juga terheran-heran. Ia mencoba melihat menara dengan keker milik pamannya, namun tanpa sengaja Nicky tersandung sepatu yang berserakan dan kemudian terjatuh. Hal tersebut membangunkan Paman Bob. Paman Bob marah karena anak-anak terlalu menghayal tentang sandi misterius yang ditemukan mereka kemarin. Paman Bob pun juga menuduh kalau Nicky dan Kenneth yang telah melakukan kebohongan tersebut.
Nicky dan Kenneth sudah tidak peduli lagi dengan rencananya mengarang misteri untuk Paman Bob, mereka lebih memilih menyelidiki apa yang sedang terjadi di rumah tua. Namun anak perempuan nampaknya mencium apa yang mereka rencanakan. Penny dan Winnie akhirnya mengusulkan agar mereka ikut serta dalam penyelidikan. Awalnya memang Nicky tidak setuju dengan usulan tersebut, namun akhirnya pikiran Nicky berubah. Setelah mereka berunding akhirnya didapat kesepakatan bahwa Nicky, Kenneth dan Chippy pergi ke Bukit Skylark dan anak perempuan ke museum kota untuk mencari informasi tentang rumah tua di Bukit Skylark.
Ketika Penny dan Winnie ke museun ada beberapa orang India yang mencari peta rumah tua di Bukit Skylark juga, mereka terlihat menyeramkan dan tidak baik. Penny dan Winnie mendapatkan peta bangunan rumah tua dan beberapa cerita tentang rumah tua tersebut. Ternyata rumah tua tersebut dulunya milik pangeran dari Timur yang sangat kaya raya, namun karena insiden kebakaran ia tak menempati rumah tersebut. Konon ada patung wanita yang terbuat dari emas dan berlian dan apabila mencium patung tersebut tujuh kali maka permintaanmu akan terkabul.
Sementara itu Nicky dan Ken sudah mendaki menara dan mendapati ada bekas korek api sama seperti yang ditemukan mereka kemarin, mereka juga menemukan bungkus rokok bermerek Splendour. Mereka turun dan mendapati kotak korek api bermerek Quick-Lite di dapur. Tiba-tiba Nicky terblesit pikiran kalau mereka harus turun ke gudang bawah tanah yang berlorong-lorong.
Mereka akhirnya menuruni tangga curam yang berpilin-pilin menuju ruang bawah tanah yang gelap gulita. Chippy mengikuti mereka. Mereka berjalan perlahan-lahan melewati terowongan yang langit-langitnya begitu rendah sampai-sampai mereka harus membungkuk, melipat diri, sebelum bisa lewat.
Setelah melewati beberapa gua dan terowongan yang gelap mereka menemukan tumpukan kaleng, peti, dan karton berbagai ukuran. Tiba-tiba Chippy menggeram, Nicky dan Ken hampir tak berani bernapas. Ternyata yang menjadi penyebabnya adalah ada orang yang sedang tidur di gua tersebut. Mereka juga menemukan berbagai perkakas di samping orang besar yang berwajah India itu. Nampaknya ada kegiatan di gudang bawah tanah rumah tersebut.
Tiba-tiba dari lorong lainnya ada dua orang yang sedang uring-uringan dengan bahasa asing bercampur dengan bahasa inggris. Salah satu dari mereka bernama Hassan. Mereka juga menyebutkan kata patung beberapa kali dalam percakapannya. Chippy sudah tidak tahan lagi dan akhirnya menggeram, mereka seketika diam. Namun bercakap lagi, dalam percakapan ini mereka menyebutkan nama Harry dan isyarat yang tlah diberikannya kemarin malam. Nicky dan Ken kaget bukan main, mengapa sandi karangan mereka bisa menjadi kenyataan? Seseorang datang dan mereka akhirnya menyelinap ke gua di samping lorong. Lagi-lagi Chippy tidak bisa menahan geramannya. Dan akhirnya laki-laki India tersebut mengetahui keberadaan mereka. Laki-laki itu berteriak keras dan menangkap mereka. Mereka yang ada di lorong tersebut membuat rencana untuk mencari dan menyelundupkan patung emas dan barang berharga lainnya. Lalu Harry menyeret Nicky dan Ken dengan kasar ke sebuah gua yang sempit dan disumbat pintunya. Chippy marah bukan main dan menggigit kaki kiri Harry. Teman Harry lainnya membantu dan menendang Chippy menuju gua tempat Nicky berada.
Nicky mendapat ide untuk melewati mulut lorong yang satunya toh sebenarnya cuma tertutupi tanah longsor di tengah-tengahnya. Mereka akhirnya mulai menggali-gali. Ketika mereka berhasil lewat mereka tiba-tiba terdiam kagum melihat benda indah yang berkilauan dari mata hingga ujung kaki, itulah patung yang dibicarakan tadi.
Ketika itu Penny dan Winnie sedang mendaki Bukit Skylark, tiba-tiba ada dua orang laki-laki dari rumah tua datang menghampiri mereka dan bertanya tempat dokter kepada mereka. Mereka pun langsung berfikiran mereka pasti orang jahat dan telah melakukan sesuatu pada anak laki-laki. Mereka langsung mencari dan meyakinkan Paman Bob tentang kejadian yang sebenarnya. Dan minta tolong ke Paman Bob untuk memanggilkan polisi.
Lalu mereka menuju ke rumah tua, karena mereka telah membawa salinan peta rumah tua jadi mereka mengetahui jalan pintas untuk memasukki rumah tersebut. Mereka lalu mencari Nicky dan Ken, dan akhirnya ketemu. Mereka sangat terheran melihat patung yang ada di cerita museum, benar-benar nyata. Ketika mereka berusaha keluar Hassan menangkap mereka kembali. Namun Paman Bob dan polisi sudah datang, lalu mereka diselamatkan. Polisi sebenarnya sudah mencari komplotan pencuri tersebut sejak lama. Karena hal tersebut Paman Bob minta maaf dan akhirnya mentraktir anak-anak untuk makan es krim sepuasnya.

Komentar

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/relaxasi-di-medansumatera-utara.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/kisah-kota-yang-dibangun-di-atas-kawah.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/korut-larang-warga-bernyanyi-dan-gelar.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA ELEKTROLISIS LARUTAN KI

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI UJI MAKANAN

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA UJI NYALA API UNSUR ALKALI DAN ALKALI TANAH