TEORI PERILAKU KONSUMEN/ UTILITY THEORY


Oleh
Muchlis Husin, SE.,MA.
Lektor Kepala & PUKET I  STIS

4. TEORI PERILAKU KONSUMEN ( Utility Theory)
41. Pengertian / Definisi
Teori Nilai Guna/manfaat/kepuasan (Utility) yaitu  teori yang mempelajari tentang tingkat kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh seorang konsumen dalam mengkonsumsi barang/jasa. Utility itu sendiri merupakan ukuran manfaat/kepuasan yang diperoleh karena menggunakan/mengkonsumsi suatu  barang atau jasa.
Hukum pertambahan manfaat/kepuasan yang semakin menurun ( The Law of Diminishing marginal utility). Pada awalnya penambahan konsumsi suatu barang akan memberikan tambahan manfaat (utility) yang besar, tapi makin lama pertambahan konsumsi menyebabkan pertambahan kenikmatan yang  semakin berkurang (diminishing)  dan bahkan bisa mencapai negatif.

4.2. Total Utility dan Marginal Utility
Utility dibedakan menjadi 2 macam;
  • Total utility, yaitu besarnya total manfaat/kepuasan yang diperoleh seorang konsumen selama mengkonsumsi barang/jasa.
  • Marginal utility, yaitu besarnya tambahan manfaat/kepuasan yang dirasakan/diperoleh seorang konsumen setiap tambahan  mengonsumsi 1 unit  barang/jasa.
Dasar pendekatan dari teori utility ini adalah hukum permintaan dimana seorang konsumen akan memaksimumkan kepuasannya dari keterbatasan resources yang dimilikinya ( pertimbangan antara Pendapatan dan harga ).

Contoh
Tabel 4. Total Utility dan Marginal Utility
Jumlah konsumsi
Total utility
Marginal utility
0
0
-
1
30
30
2
50
20
3
65
15
4
75
10
5
83
8
6
87
4
7
89
2
8
90
1
9
89
-1





Text Box: Titik Jenuh
Gambar 4. Grafik Total Utility dan Marginal Utility
Selama melakukan penambahan konsumsi terhadap suatu barang ( buah mangga) maka total utility meningkat tapi marginal utility menurun.

4.3 Maksimisasi Utility/Nilai Guna  (Maximizing Utility)
ü  Seseorang akan memaksimumkan utility dalam mengkonsumsi barang/jasa apabila perbandingan nilai guna marginal (marginal utility) berbagai barang yang dikonsumsi adalah sama dengan perbandingan harga barang/jasa.
ü  Seseorang akan memaksimumkan utility apabila nilai guna marginal dari setiap rupiah yang di keluarkan adalah sama untuk setiap barang / jasa yang dikonsumsinya.
atau
Surplus Konsumen
Surplus Konsumen pada hakekatnya berarti perbedaan diantara kepuasan yang diperoleh seseorang dalam mengkonsumsi sejumlah barang/jasa dengan pembayaran yang harus dibuat untuk memperoleh barang tersebut. Kepuasan yang diperoleh selalu lebih besar daripada pembayaran yang dilakukan.
Tabel 5. Junlah Konsumsi, Harga, dan Surplus Konsumen
Jumlah konsumsi Barang
Harga yg dibayar (Rp)
Surplus konsumen bila harga Rp 700
1
1 700
1 000
2
1 500
800
3
1 300
600
4
1 100
400
5
900
200
6
700
0



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA UJI NYALA API UNSUR ALKALI DAN ALKALI TANAH

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA ELEKTROLISIS LARUTAN KI

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI UJI MAKANAN